Kamis, 10 November 2011

perbedaan mengenai hakekat manusia sebagai makhluk hidup dan sebagai makhluk ekonomi


Jelaskan perbedaan mengenai hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk ekonomi??



MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL

Manusia adalah makhluk social yang hidup bermasyarakat (zoon politicon). Keutuhan manusia akan tercapai apabila manusia sanggup menyelaraskan perannya sebagai makhluk ekonomi dan social. Sebagai makhluk sosial (homo socialis), manusia tidak hanya mengandalkan kekuatannya sendiri, tetapi membutuhkan manusia lain dalam beberapa hal tertentu.

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK EKONOMI (homo economicus).
Artinya manusia adalah makhluk ekonomi yang cenderung tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah diperolehnya dan senantiasa berusaha terus menerus memenuhi kebutuhannya. Manusia selalu berusaha mengejar kemakmuran untuk dirinya sendiri. Para individu akan saling bersaing mengejar kepentingannya masing-masing.

Jadi perbedaan mengenai hakekat manusia sebagai mahkluk sosial dan sebagai makhluk ekonomi adalah pada dasarnya manusia membutuhkan bantuan orang lain.dalam hal apapun manusia tidak dapat mengendalkan diri sendiri,demikian juga manusia sebagai makhluk ekonomi,manusia pasti membutuhkan bantuan manusia lain.tapi yang membedakannya adalah manusia sebagai makhluk ekonomi adalah manusia yang tidak pernah merasa puas dan selalu ingin mengejar kemakmuran secara individu atau sendiri-sendiri.


Sumber:
http://kholibs.wordpress.com/2008/12/27/manusia-sebagai-makhluk-sosial/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar